HUBUNGAN ANTARA PERAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Hastuti, Ira, Herman , Lusa, Sri , Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6258/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-ira.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6258/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-ira.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6258/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dan guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT IQRA ’2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas V S D IT IQRA’2 k ota Ben gkulu tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik anali sis data “ K orelasi Product Moment” dan “Korelasi Ganda” . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar yang dibuktikan rx1 y = 0,741, r2x1 y = 0,549, t5,289, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara peran guru terhadap hasil belajar yang dibuktikan rx2 y = 0,689, r2x2 y = 0,475, t hitung 4,558, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan guru terhadap hasil belajar yang dibuktikan rx1x2 y = 0,802, r2x1x2 y = 0,6432, f hitung hitung 25,062. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT IQ R A’2 Kota Bengkulu, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara peran guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dan guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT IQ R A’2 Kota Bengkulu.