PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI B SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hartati, Meri , V. Karjiati, V. Karjiati, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6247/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-mer.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6247/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-mer.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6247/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI B SD Negeri 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan teknik analisis data observasi, data hasil belajar, dan data penilaian karakter. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 30 kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 33 dalam kategori baik. Siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa 29 kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 31,5 kategori baik. Ketuntasan belajar secara klasikal siklus I sebesar 62,5% dan nilai rata-rata 6,9. Siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,6. Hasil belajar ranah psikomotor aspek menirukan siklus I 50,0% siklus II meningkat menjadi 64,5, manipulasi siklus I 48,4% siklus II meningkat menjadi 64,5%, pengalamiahan siklus I 43,7% siklus II meningkat menjadi 72,5%, artikulasi siklus I 50,0% siklus II meningkat menjadi 71,0%. Perkembangan karakter siswa mendapat persentase terbesar kategori mulai berkembang yaitu nilai rasa ingin tahu dan niali disiplin 58,1%, persentase terendah nilai kerja keras yaitu 43,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika kelas VI B SD Negeri 20 Kota Bengkulu.