PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 10 CURUP KOTA REJANG LEBONG

Main Authors: Aida , Misfatul , Sri , Dadi, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6245/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-mis.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6245/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-mis.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6245/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menerapkan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 10 Curup Kota yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokomentasi.Dari hasil penelitian dapat dilihat jumlah siswa yang hasil belajarnya meningkat semakin banyak, yaitu pada siklus I siswa yang berhasil menuntaskan materi sebanyak 12 orang dengan ketuntasan klasikal 63,2%, pada siklus II meningkat menjadi 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,74%. Demikian juga dengan aktifitas guru dan siswa yang pada siklus I sama-sama dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode bermain peran.