PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 15 KEPAHIANG
Main Authors: | Sulasno, Sulasno, Sri , Dadi, Resnani, Resnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6224/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-sul.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6224/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-sul.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6224/ |
Daftar Isi:
- Penelitia ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar di kelas IV SD Negeri 15 Kepahiang, (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui media gambar di kelas IV SD Negeri 15 Kepahiang melalui. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian yaitu guru dan siswa di Kelas IV SD Negeri 15 Kepahiang yang berjumlah 22 orang siswa.,. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I rata-rata aktivitas guru 36 dengan kriteria baik, rata-rata aktivitas siswa 34 dengan kriteria cukup, dan nilai rata-rata tes 22 orang siswa dalam menulis karangan deskripsi 58,95 dengan ketuntasan belajar 5 orang siswa 22,73%.Pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 39,5 dengan kriteria baik, rata-rata skor aktivitas siswa meningkat menjadi 37,5 dengan kiteria baik , dan nilai rata-rata tes 22 orang siswa dalam menulis karangan deskripsi 74,68 dengan ketuntasan belajar 20 orang siswa 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar dapat meningkat kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 15 Kepahiang