HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 69 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sigiro, Susterina , Sri , Dadi, Daimun , Hambali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6220/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-sut.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6220/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-sut.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6220/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 115 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 orang dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar angket terdiri atas 66 item untuk mengukur disiplin belajar siswa dan dokumentasi hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu bulan September 2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pe rhitungan st ati sti k “Korelasi P ro duct Mom ent”. H asi l peneli ti an menunjukkan bahwa r hitung= 0,857 yang berada pada arah positif dengan interpretasi nilai r pada interval 0,6-0,8 sehingga tingkat hubungan antara dua variabel dikategorikan memiliki hubungan yang kuat, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwar tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,367. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih besar dari pada r tabel dengan taraf signifikan 5%. Dengan kata lain hipotesis terbukti dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu.