UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN OPEN-ENDED PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDIT RABBANI TANAH PATAH KOTA BENGKULU
Main Authors: | Suprihatin, Titin, V. Karjiati, V. Karjiati, Nani , Yuliantini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6218/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-tit.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6218/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-tit.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/6218/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas V SDIT Rabbani Kota Bengkulu melalui menerapkan Pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor dan lembar tes. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 27 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 36 dengan kriteria baik, pada ratarata skor observasi siswa sebesar 25 dengan kriteria cukup,meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 35,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh nilai tes pada siklus I dengan rata-rata 6,44 ketuntasan belajar klasikal 44,4% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 8,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 99,9%. Pada lembar penilaian afektif pada nilai rata-rata aspek “menerima” mengalami peningkatan dari 11,1 % pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus ke II, aspek “menanggapi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “menilai” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 77,7% pada siklus II, aspek “mengelola” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “menghayati” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 77,7% pada siklus II. Pada penilaian psikomotor, aspek “menirukan” mengalami peningkatan dari 33,3% pada siklus I menjadi 55,5% pada siklus ke II, aspek “manipulasi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “pengalamiahan” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 88,8% pada siklus II, aspek “artikulasi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 88,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDIT Rabbani Tanah Patah Kota Bengkulu.