STUDI DESKRIPTIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENYIMAK DI KELAS V SDN 02 KOTA BENGKULU

Main Authors: Musyarofah, Umi Rikhayatul, Nani , Yuliantini, Sri , Dadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6217/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-umi.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6217/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-umi.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6217/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran menyimak di kelas V SDN 02 kota Bengkulu. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah problematika apa saja yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran menyimak di kelas V SDN 02 kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan Angket. Instrumen penelitian ini adalahpedoman observasi, pedoman angket dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari analisis data menunjukkan bahwa problematika yang dialami dalam pembelajaran menyimak di kelas VA pada aspek pembicara yaitu sikap guru yang kurang akrab, pada aspek penyimak : konsentrasi, kemampuan linguistik, pengetahuan/ pengalaman, dan pada aspek bahan simakan yaitu tingkat kesulitan bahan simakan yang terlalu tinggi.Problematika pembelajaran menyimak di kelas VBpada aspek pembicara: penguasaan siswa, pada aspek penyimak : kondisi fisik , kesulitan berkonsentrasi, kemampuan linguistik, tujuan menyimak, dan minat siswa, pada aspek bahan simakan : tingkat kesulitan bahan simakan yang terlalu tinggi, pada aspek situasi : tempat, waktu dan suasana lingkungan. Saran dari peneliti guru hendaknya mengatasi problematika pembelajaran menyimak supaya pembelajaran menyimak bisa berjalan efektif