PEMANFAATAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS IV SD NEGERI 03 PADANG ULAK TANDING

Main Authors: Samsi , Amar , Sri , Dadi, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6208/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-ama.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6208/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-ama.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6208/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan media visual pada pelajaran IPS dikelas IV SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding, (2)Untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan memanfaatan media visual dikelas IV SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian yaitu guru dan siswa dikelas IV SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding yang berjumlah 8 orang. Pelaksanaan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar lembar observasi dan lembar tes. Data yang dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Sedangkan data tes analisis dengan menggunakan ratarata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I rata-rata aktivitas guru 29 dengan criteria cukup, rata-rata aktivitas siswa 30 dengan criteria cukup dan pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru 37 dengan criteria baik, rata-rata skor aktivitas siswa 36,5 dengan criteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding.