PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN LARI SAMBUNG PADA SISWA KELAS V SDN 109 BENGKULU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Authors: Nudin, Nudin, Arwin, Arwin, Yarmani, Yarmani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6163/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-nud.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6163/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-nud.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6163/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kecepatan lari sambung. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 109 Kabupaten Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 8 perempuan dan 8 laki-laki. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari tes keterampilan (kecepatan lari sambung) dan non tes (observasi perilaku). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 tes lari sambung siswa hanya 25 % siswa yang berhasil sedangkan yang gagal 75 % dengan nilai rata-rata 63,5 kategori kurang. Hal tersebut berimbang dengan perilaku siswa yang tergambar pada aspek kerjasama siswa hanya (63,5%), semangat (61%), percaya diri (69%), sportifitas (72%), dan saling percaya (61%). Pada siklus 2 tes keterampilan siswa 100% sudah berhasil dengan nilai rata-rata 85dengan kategori baik Hal ini juga di dukung oleh perilaku siswa kerjasama (84,3%), semangat (93,7%), percaya diri (90%), sportifitas (82,6%), dan saling percaya (84,3%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan kecepatan lari sambung pada siswa Kelas V SDN 109 Bengkulu Selatan.