MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 06 BENGKULU

Main Authors: Kurniawan , Meison Dwi, Sugiyanto , Sugiyanto , Dian, Pujianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6109/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-mei.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6109/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-mei.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6109/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan teknik menggiring bola dalam pembelajaran penjas. Model pembelajaran yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 06 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik sehingga nilai keterampilannya untuk siswa adalah 40% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model Kooperatif tipe STAD. Didapat nilai keterampilan siswa adalah 57% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar adalah 76,7% dengan kategori baik. Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan teknik menggiring pada permainan sepak bola sebagai pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terbukti dapat meningkatkan keterampilan teknik menggiring siswa pada permainan sepak bola.