PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1VA SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ana , Karina Usi Denni , Karjiati, Karjiati, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6094/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-kar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6094/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-kar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6094/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika siswa kelas 1VA SDN 86 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1VA SDN 86 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 33 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 45,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 32,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 42 dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor 9,96 dan pada siklus II meningkat menjadi 10,8. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 8,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 9,34. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 68,7 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 68 % dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 77,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Matematika dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.