MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUALSPASIAL MELALUI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DAN WARNA DENGAN MEDIA ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI

Main Authors: Novrita, Mastia, M. Nasirun, M. Nasirun, Delrefi, Delrefi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6001/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-mas.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6001/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-mas.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6001/
Daftar Isi:
  • Secara umum rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah;melalui bentuk-bentuk geometri dan warna dengan media origami dapat mengembangkan kecerdasan visual-spasial di kelompok B PAUD Al-Khair Bengkulu Utara?. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini melalui bentuk-bentuk geometri dan warna dengan media origami. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3)pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 12 orang anak kelas B PAUD Al-Khair Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Selajutnya hasil yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menciptakan bentuk dari kepingan geometri dengan media origami dapat mengembangkan kecerdasan visual-spasial, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahwa dengan menciptakan bentuk dari kepingan geometri dengan media origami dapat mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak.