MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA FLIPCHART DI TK RABBI RADHIYYA KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Ariani , Desi , Nurman, Syam, Delrefi, Delrefi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5995/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-des.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5995/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-des.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5995/
Daftar Isi:
  • Membaca adalah salah satu pelajaran yang diberikan di TK RA namun masih bersifat pengenalan atau masih dasar. Pedoman kegiatan belajar mengajar sebagai upaya pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar anak didik, melalui pendekatan bermain sambil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca dini pada anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong ? sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dini anak melalui penggunaan Metode Bercerita dengan Media Flipchart pada sub tema alat komunikasi dan alam semesta pada anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Tehnik Analisa data yang digunakan adalah kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Sentra Bahasa TK RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong dengan contoh penelitian berjumlah 30 orang anak, semuanya anak laki-laki. Adapun instrumen penelitian ini adalah observasi, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I anak yang mengenal huruf 47% (14 orang), anak yang membedakan huruf 50% (15 orang), anak yang merangkai huruf 57% (17 orang). Pada siklus II anak yang mengenal huruf 77% (23 orang), anak yang membedakan huruf 83% (25 orang), anak yang merangkai huruf 93% (28 orang) Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Metode Bercerita dan Media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan membaca anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong.