UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 8 KOTA BENGKULU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN METODE SSCS

Main Authors: Mardianti, Yoci, Sumpono, Sumpono, Elvinawati , Elvinawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5991/1/I%2CII%2CIII-YOC-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/5991/2/IV%2CV-YOC-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/5991/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui peningkatan kreatifitas belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 8 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Menggunakan Metode SSCS (Searching, Solving, Creating And Sharing). Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu, siklus I, siklus II dan siklus II. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 40 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6,74, siklus II 7,04 dan siklus II 7,53. Daya serap klasikal pada siklus I sebesar 67,40 %, siklus II 70,04 %dan siklus III 75,30 % serta ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 64,70 %, siklus II 81,06 % dan siklus III 92,10 %. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 17 pada kriteria cukup, siklus II 22 dengan kriteria baik dan siklus III 26 pada kriteria baik. Sedangkan untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 25,5 pada kriteria cukup, siklus II 32 dengan kriteria baik dan siklus III 36 pada kriteria baik.