PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KETAHUN BENGKULU UTARA (Classroom Action Research)
Main Authors: | Lestari, Puji , Sumpono, Sumpono, Elvinawati , Elvinawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5988/1/I%2CII%2CIII-PUJ-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/5988/2/IV%2CV-PUJ-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/5988/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang dibahas adalah apakah dengan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 ketahun. Data dikumpulkan melalui hasil tes, laporan, pekerjaan rumah, presentasi siswa dan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk menganalisa hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar, serta analisa observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningakatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian berikut: pada siklus I aktivitas guru baik, aktivitas siswa cukup, rata-rata kelas 6.1475, daya serap 61,475% dan ketuntasan belajar 66,67%. Pada siklus II aktivitas siswa dan guru baik, nilai rata-rata 6,775, daya serap 67,75% dan ketuntasan belajar 83,3%. Sedangkjan pada siklus III aktivitas siswa dan guru baik, nilai rata-rata 72,115, daya serap 72,115% dan ketuntasan belajar 90%.