PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TIPE WITHIN SOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Main Authors: Hanifah, Putri , Della , Maulidiya, Rusdi, Rusdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5978/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-put.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5978/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-put.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5978/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian inni adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing tipe within solution posing dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan metode ekspositori. Hal ini didasarkan dari hasil uji signifikan menggunakan uji t dengan banntuan software SPSS versi 16.0 dengann taraf nyata ⍺ = 0,05 diperoleh nilai p sig (2-tailed) = 0,002 < 0,05.