PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA UNTUK PENGAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI PELATIHAN LABORATORIUM MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI KELAS IX SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Main Authors: Noprizal., Noprizal., Rusdi, Rusdi, Syafdi, Maizora
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5977/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-nop.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5977/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-nop.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5977/
Daftar Isi:
  • Peneli ti an ini bertujuan unutk menghasil kan media pembelajar an “ LKS untuk pengajaran menggunakan strategi pelatihan laboratorium matematika pada materi kesebangunan dan kekongruenan” ya n g memenuhi krit eria vali d, prakti s, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap pendefinisian menghasilkan masalah yang sering terjadi pada pembelajaran misalnya keaktifan siswa dan strategi pembelajaran dengan solusi yang peneliti berikan yaitu merancang media pembelajaran LKS yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Media yang dirancang dilakukan proses validasi dan revisi hingga diperoleh valid atau VR ≥ 3 berdasarkan penilaian tiga validator ahli yaitu validator materi, validator bahasa, dan validator media. Subjek dalam uji coba terbatas yaitu dua guru matematika SMPN 18 Kota Bengkulu dan delapan siswa kelas X 1 SMAN 1 Curup Timur yang melakukan penilaian kepraktisan LKS dengan hasil adalah LKS praktis atau kategori baik , kemudian dilanjutkan ke tahap uji lapangan terhadap 22 siswa kelas IX9 SMPN 18 Kota Bengkulu dengan hasil efektif atau aktivitas siswa aktif, respon sangat kuat, dan tes hasil belajar siswa ≥ 85% diatas nil ai KKM . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, lembar validasi media, lembar kepraktisan, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar respon siswa dan tes hasil belajar. Simpulan untuk penelitian ini adalah penulis menghasilkan LKS matematika untuk pengajaran menggunakan strategi pelatihan laboratorium matematika yang valid, praktis, dan efektif dengan pengembangan menggunakan strategi pelatihan laboratorium matematika yang valid menurut tiga orang validator, praktis menurut siswa dan guru, serta efektif berdasarkan uji coba terbatas dan uji lapangan.