KAJIAN TERHADAP UPAYA TUTOR PAKET C UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PKBM DELLIA KOTA BENGKULU
Main Authors: | Kemal, Hermedy, Zakaria , Zakaria , M, Rizkan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5974/1/IV%2CV-HER-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/5974/2/I%2CII%2CIII-HER-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/5974/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya tutor paket C untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PKBM Dellia Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara Purposive (bertujuan). Informan penelitian ini adalah tutor paket C, pengelola PKBM, dan warga belajar paket C di PKBM Dellia Kota Bengkulu. Dari hasil dan pembahasan data diperoleh beberapa kesimpulan bahwa upaya tutor untuk meningkatkan kualitas pembelajaran paket C di PKBM Dellia telah optimal. Dari jumlah warga belajar yaitu 17 orang, 10 orang yang memiliki tingkat kedisplinan, motivasi, serta hasil belajar yang optimal dan 7 orang belum memiliki tingkat kedisplinan, motivasi, dan hasil belajar yang optimal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program paket C di PKBM Dellia ini adalah adanya sarana dan prasarana telah cukup mendukung terlaksananya kegiatan program paket C, sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan belajar seperti adanya ruangan belajar, kursi, meja papan tulis, lemari buku, buku – buku pelajaran, modul pelajaran paket C. dengan adanya fasilitas yang telah ada di PKBM ini para warga belajar bisa memanfaatkannya dengan baik sesuai denga kebutuhan belajar yang mereka perlukan. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran paket C di PKBM Dellia adalah pertama kehadiran warga belajar yang jarang datang, kedua motivasi dan kedisplinan belajar dari warga belajar yang masih rendah/belum optimal ketiga adanya fasilitas belajar yang perlu dilengkapi seperti, buku pelajaran, modul paket C yang masih kurang jumlahnya.