ENGLISH NATIVE SPEAKER’S EXP LANATI ON IN ENGLISH SPEAKING CLASS
Main Authors: | Miasari, Suci, Hilda , Puspita, Rudi , Afriazi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5962/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-suc.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/5962/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-suc.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/5962/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penjelasan dari penutur asli Bahasa Inggris di kelas berbicara bahasa Inggris. Peserta dari penelitian ini adalah seorang penutur asli bahasa Inggris yang mengajar kelas berbicara di Diploma Tiga bahasa Inggris di salah satu universitas terpilih di Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan selama empat kali pertemuan proses belajar mengajar kelas berbicara bahasa Inggris untuk melihat penjelasan yang digunakan oleh guru didalam kelas, selama ± 100 menit pada setiap pertemuan. Penelitian ini menggunakan tabel untuk mengklasifikasikan setiap penjelasan peserta didalam kelas berdasarkan teori Crown (2004). Kemudian peneliti juga mewawancarai peserta untuk menemukan tujuan peserta dalam menggunakan karakteristik dari penjelasan yang baik dalam mengajar kelas berbicara bahasa Inggris. Sebagain besar karateristik dari penjelasan yang baik ditemukan didalam penjelasan peserta, diantaranya struktur yang jelas, mengidentifikasi fitur kunci, pembukaan yang dinamis, kejelasan (menggunakan suara dan tubuh), sinyal bagian penting, contoh, model, pertanyaan, koneksi dengan pengalaman siswa, pengulangan, dan humor. Peserta tidak menggunakan non contoh, analogi dan alat peraga.