PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA.DAN KETERAMPILAN MEMUKUL BOLA DALAM PERMAINAN KASTI PADA SISWA KELAS IV SDN 40 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yuliana , Yuliana , Alexon, Alexon, Riskan, Riskan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5880/1/I%2CII%2CIII-1-13-yul-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5880/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-yul-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5880/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui penerapan pendekatan pembelajaran taktis agar dapat meningkatkan kerjasama siswa dan untuk mengatahui peningkatan keterampilan memukul bola siswa melaui penerapan pendekatan pembelajaran taktis pada permainan bola kasti siswa kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan kerjasama siswa yaitu pada siklus 1 masuk dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus 2 dengan kategori baik. (2) ada peningkatan keterampilan memukul bola yang ditunjukkan dari hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata klasikal 6,01dengan ketuntasan 53,12% kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata klasikal 7,35 dengan ketuntasan 87,5% kategori baik. Kesimpulan dalam penelitianini adalah (1) Penerapan pendekatan pembelajaran taktis dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. (2)Penerapan pendekatan pembelajaran taktis dalam pembelajaran penjaskes materi permainan kasti dapat meningkatkan keterampilan memukul kasti pada siswa kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu.