PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Kontesa, Wesi , Alexon, Alexon, Riskan, Riskan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5878/1/I%2CII%2CIII-1-13-wes-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/5878/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-wes-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/5878/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa (putra 18 siswa, putri 12 siswa). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar guling belakang.Penelitian ini dibantu oleh dua orang teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh teman sejawat dan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan kualitas belajar dari pembelajaran awal hanya 16,00% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran menjadi 81,33%. Pendekatan PAKEM juga dapat meningkatkan hasil belajar senam guling belakang 73,33%. pada siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Bengkulu.