PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia 1 Lubuklinggau, Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Lubuklinggau, dan di Sekolah Menengah Atas Bakti Keluarga Lubuklinggau)
Main Author: | Rubasit, Rubasit |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5831/1/Rubasit%20Tesis%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/5831/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan ajaran pokok untuk meningkatkan profesionalisme guru di sekolah tinggi swasta SMA PGRI 1 Lubuklinggau Senior , SMA Muhammadiyah 1 Lubuklinggau , dan SMA Bakti Keluarga Lubuklinggau . Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ( 1) programw pengawasan pengajaran seperti yang dilakukan oleh kepala sekolah , (2 ) pelaksanaan teknik supervisi pengajaran , ( 3 ) faktor mendukung suatu dihuni , dan ( 4 ) alternatif strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Data dikumpulkan dari kepala sekolah , guru , siswa , dan pengawas . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik supervisi pengajaran belum dilakukan secara optimal di semua sekolah swasta diselidiki . Hal ini terbukti dari kesederhanaan program supervisi , teknik supervisi kriteria tidak tersedia untuk kepala sekolah, dan mereka memiliki kurangnya pengetahuan dalam pengawasan mengajar . Strategi alternatif kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah untuk menghadiri up- grading, lokakarya , atau seminar .