PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH UNGGUL DI SMK NEGERI 3 LUBUKLINGGAU (Studi Deskriptif Kualitatif)
Main Author: | Nawi, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5820/1/Lukman%20tesis%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/5820/ |
Daftar Isi:
- Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran kepala sekolah dan guru dalam mengembangkan budaya mutu di SMK Negeri 3 Lubuklinggau . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Subyek penelitian adalah kepala SMKN 3 Lubuklinggau , wakil kepala sekolah, staf , guru , dan siswa . Data dikumpulkan melalui observasi , wawancara , dan teknik dokumentasi . Proses analisis data meliputi pengumpulan data , reduksi data , display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui peran kepala sekolah dan guru dalam mengembangkan budaya mutu di SMK Negeri 3 Lubuklinggau . Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting, baik dalam aspek pembelajaran instruksional atau non , dan peran guru yang lebih penting dalam aspek pembelajaran daripada aspek non instruksional . Peran kepala sekolah dan guru yang perlu dikembangkan . Kepala sekolah dan guru harus mengembangkan keterampilan instruksional dan keterampilan komunikasi dengan cara formal dan non formal .