PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arga Makmur)

Main Authors: Kawice, Ketut, Rambat, Nur Sasongko, Bambang, Sahono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5812/1/TESIS%20JADI_KAWICE%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/5812/
Daftar Isi:
  • Tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi profesional guru sosial dan tujuan khusus adalah: ( 1 ) untuk meningkatkan penguasaan materi , ( 2 ) untuk meningkatkan strategi guru prossess pembelajaran , ( 3 ) untuk meningkatkan manajemen kelas , ( 4 ) untuk meningkatkan evaluasi pembelajaran . Penelitian Penelitian ini menggunakan tindakan dan subjek utama penelitian adalah guru sosial di nomor SMP satu Arga Makmur . Pengumpulan data dan instrumen pengembangan yang digunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi . Kemudian , data penelitian dianalisis dengan pendekatan kualitatif . Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang masing-masing adalah : perencanaan, melakukan tindakan, observasi , dan refleksi . Hasil penelitian ini adalah : ( 1 ) siklus pertama , pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan di prossess belajar tentang 74,38 % , penguasaan bahan ajar tentang 74,38 % , 75,00 % manajemen kelas , dan evaluasi belajar 75,00 % . ( 2 ) siklus kedua pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan di prossess belajar 83,75 % , strategi bahan ajar 83,13 % , 83,75 % manajemen kelas , dan evaluasi belajar 82 , 50 % . ( 3 ) siklus ketiga pelaksanaan pengawasan guru dapat meningkatkan penguasaan materi kegiatan belajar di prossess 94,38 % itu berarti guru telah penguasaan materi , strategi pengajaran materi 93,13 % , itu berarti strategi telah lebih baik , manajemen kelas 94,38 % , itu berarti kelas yang kondusif , dan evaluasi pembelajaran 93,13 % , itu berarti telah lebih baik . Peneliti menyarankan kepala sekolah harus dilaksanakan pengawasan klinis dan guru harus inovatif dan komprehensif bahan .