EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA LUBUKLINGGAU

Main Authors: Albert Barus, Jhon, Rambat, Nur Sasongko, Zakaria, Zakaria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5810/1/J.%20Albert%20Tesis%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/5810/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan pendidikan sistem ganda pada sekolah menengah kejuruan 3 Lubuklinggau . Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP seperti yang diusulkan oleh Stufflebeam . Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah , para siswa yang sedang berlatih kerja industri, instruktors dari komite sekolah , dan instruktors dari industri . Kriteria evaluasi mengacu pada kriteria yang dirumuskan oleh departemen sducation nasional negara . Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi , dan dokumentasi . Setelah itu , data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : ( 1 ) pelaksanaan pendidikan sistem ganda belum optimal dalam aspek a) rata-rata distribusi siswa di industri yang baik , b) instruktors berpengalaman di industri hanya 31 % , c ) program pelatihan dikategorikan kurang , d ) komite sekolah tidak benar-benar terlibat dalam program ini . ( 2 ) kualitas pelaksanaan program dalam aspek a) mahasiswa hadir dalam industri yang baik , yaitu di atas 90 % , b ) semua siswa mengisi kegiatan jurnal harian , c ) monitoring yang dilakukan oleh guru adalah dalam kategori baik , yang berada di atas 90 % , d) kali panjang dari program yang berada di tiga mounth kategori baik . ( 3 ) hasil dari program dalam bentuk siswa skor kompetensi rata-rata berkisar 76-85 adalah 57,2 % .