EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA LUBUKLINGGAU
Main Authors: | Albert Barus, Jhon, Rambat, Nur Sasongko, Zakaria, Zakaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5810/1/J.%20Albert%20Tesis%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/5810/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan pendidikan sistem ganda pada sekolah menengah kejuruan 3 Lubuklinggau . Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP seperti yang diusulkan oleh Stufflebeam . Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah , para siswa yang sedang berlatih kerja industri, instruktors dari komite sekolah , dan instruktors dari industri . Kriteria evaluasi mengacu pada kriteria yang dirumuskan oleh departemen sducation nasional negara . Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi , dan dokumentasi . Setelah itu , data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : ( 1 ) pelaksanaan pendidikan sistem ganda belum optimal dalam aspek a) rata-rata distribusi siswa di industri yang baik , b) instruktors berpengalaman di industri hanya 31 % , c ) program pelatihan dikategorikan kurang , d ) komite sekolah tidak benar-benar terlibat dalam program ini . ( 2 ) kualitas pelaksanaan program dalam aspek a) mahasiswa hadir dalam industri yang baik , yaitu di atas 90 % , b ) semua siswa mengisi kegiatan jurnal harian , c ) monitoring yang dilakukan oleh guru adalah dalam kategori baik , yang berada di atas 90 % , d) kali panjang dari program yang berada di tiga mounth kategori baik . ( 3 ) hasil dari program dalam bentuk siswa skor kompetensi rata-rata berkisar 76-85 adalah 57,2 % .