PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN NILAI KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V A SD Negeri 81 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Oktarina, , Jamilah, Victoria , Karjiyati, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5739/1/Skripsi%20Jamilah%20Oktarina-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5739/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar, dan nilai karakter siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Open-ended. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan observasi guru dan siswa, afektif dan psikomotor serta pengembangan karakter. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis hasil penelitian, ditemukan 5 langkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan Open-ended, yakni Penjelasan, Memberikan problem, Mengeksplorasi problem, Membuat rangkuman, Melaporkan , Evaluasi. Nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29 kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 36,5 dengan kriteria baik. Pada siklus I rata-rata skor observasi siswa sebesar 28,5 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat sebesar 36 dengan kriteria baik. Hasil LDS pada siklus I sebesar 62,5% dengan rata-rata 6,187 pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 9,2. Hasil Tes secara klasikal siklus I sebesar 59,3% dengan rata-rata 5,706 pada siklus II meningkat 81,2% dengan rata-rata meningkat menjadi 8,8. Untuk pengamatan afektif siklus I rata-rata 10,3 dan pada siklus II meningkat mencapai 12,7. Demikian pengamatan psikomotor pada siklus I nilai rata-rata 8,6 dan meningkat pada siklus II sebesar 10,06. Sedangkan untuk pengembangan nilai- nilai karakter, karakter tanggung jawab siswa sudah mencapai mulai berkembang dari 21,8 menjadi 78,2%, karakter kerja keras mencapai mulai berkembang dari 12,5% menjadi 78,2%, karakter kritis mencapai mulai berkembang dari 9,4% menjadi 81,2%, karakter kreatif mencapai mulai berkembang dari 22% menjadi 81,2%, karakter rasa ingin tahu mencapai mulai berkembang dari 16% menjadi 78,2%, karakter disiplin mencapai mulai berkembang dari 34% menjadi 81,2%, sedangkan karakter teliti mencapai mulai berkembang dari 9,3% menjadi 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan Open-ended dapat meningkatkan kualitas proses, hasil belajar dalam mengembangkan karakter khususnya siswa kelas V A SD Negeri 81 Kota Bengkulu.