PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANAH RESMI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

Main Authors: Purwati, Rita, Pudji , Hartuti, Afifatus , Sholihah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5736/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-rit.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5736/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-rit.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Manah Resmi dalam pembelajaran IPA dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Manah Resmi yang berjumlah 31 orang terdiri 14 laki-laki dan 17 perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitlan ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus;, setiap siklus menempuh: empat tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa kelas IV SD Manah Resmi mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together, pada siklus I siswa sangat aktif, aktif, cukup aktif dan kurang aktif sebesar 6,45%, 22,58%, 54,84%, 16,13 dan tidak aktif 0%. Pada siklus II siswa sangat aktif meningkat menjadi 58,06%, siswa aktif 35,48%, sedangkan siswa kurang aktif sebesar dan siswa tidak aktif tidak ditemukan lagi. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Manah Resmi mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar sebesar 60,16, pada siklus I menjadi 68,87, pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,74. Besar persentase peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan adalah sebesar 17,69%.