UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN JURUS TUNGGAL BAKU TANGAN KOSONG DALAM PENCAK SILAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SMPN 4 PONDOK KELAPA
Main Authors: | Azuar , Refo, Yarmani, Yarmani, Suardi, Jasma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5730/1/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-ref.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5730/2/I%2CII%2CIII%2C1-13-ref.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5730/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan jurus tunggal baku dalam pencak silat melalui model pembelajaran langsung pada siswa kelas SMP Negeri 4 Pondok Kelapa. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa SMPN 4 Pondok Kelapa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan tes akhir berupa tes keterampilan jurus tunggal baku. Teknik pengumpulan data diperoleh dari pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru dan hasil tes keterampilan jurus tunggal baku. Hasil penelitian siklus 1 untuk aktivitas guru diperoleh skor 20 kategori cukup dan nilai tes keterampilan jurus tunggal baku diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,96 kategori belum berhasil dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,71 %. Hasil penelitian siklus 2 untuk aktivitas guru diperoleh skor 28,5 kategori baik dan dan nilai tes keterampilan jurus tunggal baku diperoleh nilai rata-rata kelas 7,97 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85,71 kategori baik. Hasil Penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan jurus tunggal baku pada siswa kelas SMP Negeri 4 Pondok Kelapa.