PENERAPAN MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA MATAKULIAH TERMODINAMIKA
Main Author: | Purwanto , Andik |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/544/1/07.%20Andik%20Purwanto%20Hal.%2049-55.pdf http://repository.unib.ac.id/544/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada matakuliah Termodinamika di PS Fisika FKIP TA 2009/2010 melalui pemanfaatan media jejaring sosial ”Facebook” dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini didesain secara kuasi-ekperimen dengan satu kelas ekeperimen yang memanfaatkan media jejaring sosial facebook dalam proses pembelajaran dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan data hasil tes diperoleh bahwa pada kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran berbantu media jejaring sosial facebook diperoleh nilai rata-rata kelas 70, daya serap klasikal 75,4 %, ketuntasan belajar klasikal 90 %, skor rata rata observasi aktivitas dosen berada pada kategori baik (41,7), dan rata-rata observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori baik (34). Pada kelas kontrol setelah pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kelas 69, daya serap klasikal 69,1 % ketuntasan belajar klasikal 72,2 %, skor ratarata observasi aktivitas dosen berada pada kategori baik (41), dan rata-rata observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori cukup (29,3). Berdasarkan uji hipotesis melalui Uji-t dengan level signifikansi 0,05 diperoleh t hitung = 2.13 > t tabel = 2.02, hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berbantu media jejaring sosial facebook dengan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran berbantu media jejaring social facebook lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa