PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN KIMIA SEKOLAH I MELALUI PENERAPAN JURNAL AKADEMIK

Main Author: Elvinawati , Elvinawati
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FMIPA Universitas Negeri Medan , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/536/1/Elvinawati%20SEMIRATA%20MEDAN%202012.pdf
http://repository.unib.ac.id/536/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kimia Sekolah I dengan menerapkan Jurnal Akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu semester V yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar, jurnal akademik mahasiswa, dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada tiap siklusnya, dimana pada siklus I berada dalam kategori cukup, sedang pada siklus II dan III mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar, daya serap pada siklus I adalah 65,52% dengan ketuntasan belajar 60,50% ; daya serap pada siklus II adalah 75,50% dengan ketuntasan belajar 82,50% ; dan daya serap pada siklus III adalah 82,50% dengan ketuntasan belajar 94,40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan jurnal akademik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kimia Sekolah I mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu.