PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN DAMPAKNYA PADA PROFITABILITAS (PEMULIHAN PEMBIAYAAN) RUMAH SAKIT DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Wulandari , Silke , Fachruzzaman, Fachruzzaman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5301/1/SLIKE%20WULANDARI-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5301/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas klinis, kualitas proses melalui kepuasan pasien terhadap profitabilitas (pemulihan pembiayaan) Rumah Sakit yang ada di Kota Bengkulu secara parsial dan secara simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 orang pengelola rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu khusus bagian pelayanan dan bagian keuangan. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Teknik analisa data menggunakan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas klinis dan kualitas proses berpengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Namun, secara langsung kualitas klinis dan kualitas proses berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas (pemulihan pembiayaan) rumah sakit. Kepuasan pasien berpengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas (pemulihan pembiayaan) rumah sakit. Terakhir kualitas klinis dan kualitas proses melalui kepuasan pasien secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas (pemulihan pembiayaan) rumah sakit.