PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS BENGKULU

Main Authors: Septoarmiko, Debi , Fachruzzaman, Fachruzzaman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5284/1/Skripsi%20Debi%20Septoarmiko-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5284/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana kepuasan serta harapan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan yang ada di Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu, serta bagaimana tingkat mutu pelayanan pendidikan dan kinerja Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu bila mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu semester 3, 5, dan 7. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (empathy), dan berwujud (tangible), yang kemudian diturunkan lagi menjadi sub-sub variabel yang jumlahnya sebanyak 21 sub variabel, bukan 14 variabel yang ada di dalam Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004, karena 14 variabel tersebut di rasa kurang tepat digunakan dalam penilaian terhadap instansi pendidikan, namun lebih tepat bila digunakan di dalam penilaian instansi pemerintahan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program komputer microsoft office excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan dan kinerja Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu secara keseluruhan yang mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 adalah “baik”. Walaupun dari 21 sub variabel yang ada, 2 sub variabel dinyatakan “kurang baik” dan 1 sub variabel dinyatakan “sangat baik”, sementara 18 sub variabel lainnya dinyatakan “baik”. Namun, dari keseluruhan sub variabel tersebut belum ada yang memenuhi harapan mahasiswa, dengan kata lain kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu masih di bawah harapan mahasiswa, hal tersebut di duga karena mahasiswa kebanyakan berekspektasi kepada PTN dan PTS yang ada di pulau jawa, tidak melihat bagaimana PTN dan PTS yang ada di pulau sumatera.