PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ISI TEKS SASTRA DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII A SMP NEGERI 5 SELUMA
Main Authors: | Dewi, Rosmala, Susetyo, Susetyo, Dian Eka Chandra, Wardhana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5251/1/ROSMALA%20DEWI%20_A2A007015_%20%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/5251/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan teks sastra daerah. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Seluma pada tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Hasil siklus pertama, aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar rata-rata 79 %, aktivitas guru rata-rata 68 %, dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran rata-rata 72%, (b) Hasil siklus kedua, akitivitas siswa dalam proses belajar mengajar rata-rata 84, %, aktivitas guru rata-rata 98 % dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran melalui pemberian kuis diperoleh hasil 84,4%. Berdasarkan analisis, terjadi peningkatan rata-rata dari siklus pertama ke silkus kedua, baik peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru maupun peningkatan terhadap penguasaan materi pembelajaran. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (a) Model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, (b) kegiatan diskusi kelompok mengalami kemajuan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (c) Aktivitas siswa meningkat dari 70% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua, (d) Ativitas guru dari 68 % pada siklus pertama meningkat menjadi 98% pada siklus kedua, (e) Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat dari 72, 1% pada siklus pertama menjadi 84,4% pada siklus kedua. Dari angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyatakan senang dengan pembelajaran yang menggunakan model tipe STAD.