PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Main Authors: | M, Zen, Agus , Trianto, Susetyo, Susetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5242/1/Tesis%20Pak%20Zen%20%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/5242/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 4 Kota Bengkulu dengan pendekatan kontekstual. Aspek yang dilihat disini adalah penggunaan kata,pilihan kata, penggunaan rima, penggunaan irama, tipografi dan penggunaan tema yang ditulis siswa kedalam puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, guna untuk melihat perkembangan kemampuan menulis puisi siswa dengan memperhatikan proses, pengamatan, observasi dan tindakan dengan memperhatikan siklus I sampai siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (a) Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat meningkat dengan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media pancingan audio visual. Hasil tersebut terbukti dari kemampuan siswa ratarata 50% dari sampel 34 orang menjadi 82,29% nilai rata-rata meningkat menjadi nilai baik.(b) Pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan dan kreatifitas siswa untuk menulis puisi, (c) pemanfatan media visual sebagai teknik pancingan yang merupakan pendekatan kontekstual dapat memotivasi siwa dalam menentukan tema, rima, irama dan tipografi dalam menulis puisi. (d) dengan pendekatan kontektual guru-guru dapat menuntun siswa belajar yang bervaratif sehingga timbul kesan belajar yang menyenangkan baik guru maupun siswa.