PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI KEGIATAN MAJALAH DINDING SEBAGAI PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI H WUKIRSARI KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS
Main Authors: | Syafruddin Sn. , Heli, Dian , Eka Chandra Wardhana, Susetyo, Susetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5238/1/Tesis%20Heli%20Syafruddin%20Sn%20%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/5238/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan peningkatan kemampu an menulis puisi melalui kegiatan majalah dinding sebagai portofolio pada siswa kelas VIII.a SMP Negeri H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas”, Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Juli Tahun 2009, dengan jumlah responden sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan tiga siklus. Proses setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil tindakan guna perbaikan disiklus berikutnya. Guru menentukan langkah-langkah kerja pada setiap siklusnya dikaji hasil pengamatan bersama kolaborator untuk menentukan tindakan berikutnya. Semua data dikumpulkan sampai dengan siklus terakhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, di SMP Negeri H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, maka didapat peningkatan hasil belajar dan hasil kegiatan menulis yang dipublikasikan pada majalah dinding, yaitu: (1) Hasil Belajar, pada pelaksanaan pra-tindakan rata-rata nilai siswa adalah 6.18 dan pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 6.5. Selanjutnya pada siklus kedua rata-rata nilai siswa adalah 6.81 dan rata-rata nilai siswa pada siklus ke tiga 6.93. (2) Kegiatan menulis pada Majalah Dinding, dari hasil observasi yang dilaksanakan pra-penelitian/ pra-tindakan dengan jumlah 33 responden siswa kelas VIII.a, yang mempublikasikan pada majalah dinding adalah 0%. Selanjutnya dilaksanakan tindakan pada siklus pertama yang mempublikasikan tulisannya sebanyak 20% (7 siswa) dari 33 responden, sedangkan pada siklus pertama, kedua dan ketiga mengalami peningkatan jumlah siswa yang mempublikasikan tulisannya pada majalah dinding mencapai 75% (25 siswa) dari jumlah responden 33 siswa kelas VIII.a. Kesimpulannya adalah dari daftar nilai yang merupakan portofolio hasil belajar siswa dan kegiatan mempublikasikan karyatulis puisi pada majalah dinding, penelitian ini dilaksanakan menurut penulis telah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, khususnya kegiatan menulis puisi.