PENGARUH SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MERUMUSKAN DAN MEMILIH KRITERIA PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS
Main Author: | Johan , Henny |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/520/1/09.%20Henny%20Johan.pdf http://repository.unib.ac.id/520/ |
Daftar Isi:
- Sebuah penelitian telah dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai model sscs problem solving untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan memilih kriteria pemecahan masalah pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain “The randomized Pretest-Posttest control group design” yang dilaksanakan di semester dua program studi pendidikan fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N gain kemampuan merumuskan masalah adalah 0,55 dan rata-rata N-gain kemampuan memilih pemecahan masalah adalah 0,43. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan memilih pemecahan masalah konsep listrik dinamis pada kelas eksperimen yang menggunakan model sscs problem solving.