PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PEMBELAJARAN FISIOLOGI TUMBUHAN
Main Author: | Yennita , Yennita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/517/1/06.%20Yenita.pdf http://repository.unib.ac.id/517/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil dan aktivitas belajar antara model kooperatif think pair share dengan model problem based learning pada pembelajaran fisiologi tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi berupa lembar observasi dosen dan mahasiswa, sedangkan lembar tes hanya digunakan untuk mahasiswa. Analisis data observasi dilakukan secara deskriptif, sedangkan data hasil belajar dianalisis secara statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar model PBI dan model TPS. Aktivitas pembelajaran dengan menggunakan kedua model berlangsung sangat baik.