Penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA SDN 61 Kota Bengkulu

Main Authors: Yayanti., Yayanti., Sri , Irawati, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5166/1/Skripsi%20Yayanti.pdf
http://repository.unib.ac.id/5166/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan STM dan Metode Eksperimen pada pembelajaran IPA kelas VA SD Negeri 61 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan 40 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif, kognitif dan psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 66,5 dengan ketuntasan klasikal 32,5%, nilai rata-rata observasi guru yaitu 21. dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 17 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif sebesar 26,25% dan penilaian psikomotor sebesar 27,5%. Pada siklus II nilai rata- rata kelas sebesar 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,5% , nilai rata-rata observasi guru yaitu 27 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 27 dengan kategori baik, sedangkan penilaian afektif sebesar 58,75% dan penilaian psikomotor sebesar 27,5% Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan STM melalui Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.