UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR: MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IVC SDIT AL HASANAH KOTA BENGKULU

Main Authors: Eminita., Yulitria , Pudji , Hartuti, Ansyori , Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5164/1/YULITRIA%20EMINITA.pdf
http://repository.unib.ac.id/5164/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IVC SDIT Al Hasanah dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi: guru dan siswa, kerjasama, afektif dan psikomotor serta evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, dokumentasi, dan hasil belajar dengan teknik analisis data: data tes dan data observasi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36,8 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 46 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 44,25 dengan kriteria baik. Penilaian kerjasama, afektif dan psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76, 77 dan 73,5 selanjutnya di siklus II penilaian rata-rata kerjasama, afektif dan psikomotor meningkat sebesar 92, 86 dan 87. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dengan nilai rata-rata 63,5. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada pembelajaran Matematika.