HUBUNGAN ANTARA PERANAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA DAN VA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Apriyani, , Witri, Lukman, Lukman, Mona , Ardina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5163/1/Skripsi%20Witri%20Apriyani.pdf http://repository.unib.ac.id/5163/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peranan orang tua dengan prestasi belajar IPA Siswa kelas IVA dan VA SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi sampel penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IVA dan VA SDN 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 45 soal yang mengukur tentang peranan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil menunjukkan bahwa r hitung = 0,578 yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sedang atau cukup, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,279. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tinggi daripada r tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peranan orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IVA dan VA SD Negeri 52 Kota Bengkulu.