Penerapan pendekatan Konstruktivisme melalui Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SDN 27 Kota Bengkulu

Main Authors: Wellita Sari, , Sefti. , Dalifa, Dalifa, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5158/1/Skripsi%20Sefti%20Wellita%20Sari.pdf
http://repository.unib.ac.id/5158/
ctrlnum 5158
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/5158/</relation><title>Penerapan pendekatan Konstruktivisme melalui Model&#xD; Quantum Teaching untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada&#xD; Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SDN 27 Kota Bengkulu</title><creator>Wellita Sari, , Sefti. </creator><creator>Dalifa, Dalifa</creator><creator>Herman , Lusa</creator><subject>HN Social history and conditions. Social problems. Social reform</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas&#xD; pembelajaran dan hasil belajar melalui pendekatan Konstruktivisme dan Model&#xD; Quantum Teaching pada pembelajaran IPA kelas IVa SD Negeri 27 Kota&#xD; Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan 25 siswa&#xD; yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen penelitian yang&#xD; digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil&#xD; belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari&#xD; observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data&#xD; pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar penilaian afektif, kognitif dan&#xD; psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-&#xD; rata observasi guru yaitu 31,25. dengan kategori cukup, nilai rata-rata observasi&#xD; siswa yaitu 29,75 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif pada aspek&#xD; menerima memperoleh rata-rata 10%, menanggapi 26%, menilai 52%, mengelola&#xD; 36%, kerja kelompok 66% dan penilaian psikomotor pada aspek menggunakan&#xD; alat 44%, kerapian kerja 32%, menirukan 52%, pengalamiahan 33%. Nilai rata-&#xD; rata kognitif sebesar 67,2 dengan ketuntasan klasikal 52%, nilai rata-rata LKS&#xD; sebesar 71,25 dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II nilai rata-rata Nilai&#xD; rata-rata observasi guru yaitu 41,75 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi&#xD; siswa yaitu 43,75 dengan kategori baik, sedangkan penilaian afektif pada aspek&#xD; menerima memperoleh persentase sebesar 48%, menanggapi 64%, menilai 70%,&#xD; mengelola 48%, kerja kelompok 66%, dan penilaian psikomotor memperoleh rata-&#xD; rata pada aspek menggunakan alat 56%, kerapian kerja 58%, menirukan 52%,&#xD; pengalamiahan 78%. Nili rata-rata kognitif sebesar 78,9 dengan ketuntasan belajar&#xD; klasikal 88%, nilai rata-rata LKS sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 83,3%.&#xD; Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme&#xD; melalui Model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran&#xD; dan hasil belajar siswa.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/5158/1/Skripsi%20Sefti%20Wellita%20Sari.pdf</identifier><identifier> Wellita Sari, , Sefti. and Dalifa, Dalifa and Herman , Lusa (2012) Penerapan pendekatan Konstruktivisme melalui Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SDN 27 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB. </identifier><recordID>5158</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wellita Sari, , Sefti.
Dalifa, Dalifa
Herman , Lusa
title Penerapan pendekatan Konstruktivisme melalui Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SDN 27 Kota Bengkulu
publishDate 2012
topic HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
url http://repository.unib.ac.id/5158/1/Skripsi%20Sefti%20Wellita%20Sari.pdf
http://repository.unib.ac.id/5158/
contents Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar melalui pendekatan Konstruktivisme dan Model Quantum Teaching pada pembelajaran IPA kelas IVa SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan 25 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar penilaian afektif, kognitif dan psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata- rata observasi guru yaitu 31,25. dengan kategori cukup, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 29,75 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif pada aspek menerima memperoleh rata-rata 10%, menanggapi 26%, menilai 52%, mengelola 36%, kerja kelompok 66% dan penilaian psikomotor pada aspek menggunakan alat 44%, kerapian kerja 32%, menirukan 52%, pengalamiahan 33%. Nilai rata- rata kognitif sebesar 67,2 dengan ketuntasan klasikal 52%, nilai rata-rata LKS sebesar 71,25 dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II nilai rata-rata Nilai rata-rata observasi guru yaitu 41,75 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 43,75 dengan kategori baik, sedangkan penilaian afektif pada aspek menerima memperoleh persentase sebesar 48%, menanggapi 64%, menilai 70%, mengelola 48%, kerja kelompok 66%, dan penilaian psikomotor memperoleh rata- rata pada aspek menggunakan alat 56%, kerapian kerja 58%, menirukan 52%, pengalamiahan 78%. Nili rata-rata kognitif sebesar 78,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 88%, nilai rata-rata LKS sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 83,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme melalui Model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
id IOS6175.5158
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:04:47Z
last_indexed 2018-09-17T09:04:47Z
recordtype dc
_version_ 1683771094753869824
score 17.538404