STUDI KASUS SIKAP GURU TERHADAP INOVASI DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SDN 45 KOTA BENGKULU

Main Authors: Oktaveli, , Rendi., Puspa , Djuwita, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5155/1/Skripsi%20Rendi%20Oktaveli.pdf
http://repository.unib.ac.id/5155/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap guru terhadap inovasi dalam pembelajaran PKn dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap inovasi dalam pembelajaran PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN 45 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Guru cendrung bersikap negatif terhadap inovasi pembelajaran PKn sebab inovasi pembelajaran PKn sulit diterapkan sehingga guru lebih memilih strategi pembelajaran seperti biasa dilakukan, Kedua faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap inovasi pembelajaran PKn yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu pertama kurangnya keterampilan dalam mengolah pembelajaran, kedua kebiasaan menggunakan strategi pembelajaran yang tidak inovatif (konvensional) sehingga merasa kurang nyaman ketika menggunakan pembelajaran yang inovatif. faktor eksternal yang menjadi kendala guru dalam mengadopsi inovasi pembelajaran adalah pertama keadaan fasilitas sekolah yang kurang mendukung, kedua kurikulum yang padat sehingga pembelajaran inovatif yang membutuhkan waktu relatif lama tidak dapat mengimbangi kurikulum, sering terjadi pada guru mengajar hanya mengejar target kurikulum ketimbang pemahaman konsep oleh siswa, ketiga siswa yang kurang suka dengan pembelajaran PKn, hal ini diakibatkan oleh faktor internal yaitu kurangnya keahlian dalam menggunakan strategi pembelajaran.