Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV,V dan VI SDN 26 Kota Bengkulu

Main Authors: Tasari, , Putri., Resnani, Resnani, Wurjinem, Wurjinem
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5154/1/Skripsi%20Putri%20Tasari.pdf
http://repository.unib.ac.id/5154/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan Perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV, V dan VI SDN 26 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SDN 26 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 30 soal yang mengukur tentang tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah. Untuk mengetahui gambaran pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan rumus statistik untuk mencari jarak interval. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil menunjukkan bahwa rhitung = 0,559 yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sedang atau cukup, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,254. Dengan demikian dapat diketahui rhitung lebih tinggi daripada rtabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV, Vdan IV SD Negeri 26 Kota Bengkulu.