PENGGUNAAN KIT IPA MELALUI METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 46 BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Fitriani, Yenny, Aliman, Aliman, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5134/1/YENNY%20FITRIANI-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5134/ |
Daftar Isi:
- Masalah pokok yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 46 Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan afektif dan psikomotorik siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW dapat meningkatkan keaktifan afektif,psikomotorik dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi afektif siswa pada siklus I yaitu 75 dan meningkat menjadi 80,8 pada siklus II, sedangkan keaktifan psikomotorik siswa siklus I adalah 67,4 dan 80,2 pada siklus II. Prestasi siswa juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang terus meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata evaluasi siswa hanya 58,54 dan pada siklus I meningkat menjadi 70,6, pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,4. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW dapat meningkatkan keaktifan afektif, psikomotorik dan prestasi siswa kelas V SD Negeri 46 Bengkulu Selatan pada mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana.