PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS V SD NEGERI 15 PADANG ULAK TANDING

Main Authors: Afrilyani, , Wulan, Abdul, Muktadir, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5132/1/WULAN%20AFRILYANI-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 15 Padang Ulak Tanding. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 15 Padang Ulak Tanding dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, yang terdiri dari 13 siswa pria dan 14 siswa wanita pada tahun ajaran 2010-2011 semester I. Instrumen penelitian yang digunakaan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan data hasil tes dengan teknik analisis data observasi guru dan siswa dan data tes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 28 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,5 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 15 padang Ulak Tanding yang ditunjukkan dengan hasil ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 67 % dengan nilai rata-rata 7,6 dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 92 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,5.