PENGGUNAAN JAM DINDING SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PENGUKURAN SUDUT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI NANJUNGAN KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Rahayu, Tuti Dwi, Aliman, Aliman, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5128/1/TUTI%20DWI%20RAHAYU%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/5128/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan jam dinding sebagai media untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas IV Mata pelajaran Matematika Materi Pokok Pengukuran Sudut di MIN Nanjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1). mengetahui dan meningkatkan aktifitas belajar siswa siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan, Kabupaten Bengkulu Selatan; (2). untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan, Kabupaten Bengkulu Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Nanjungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Kesimpulan dari peneleitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jam dinding dapat meningkatkan (1) aktifitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan; (2) prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika matateri pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan.