PENGENALAN KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA KETAHUN
Main Authors: | Kurnia Septiani, Tri , Sri , Saparahayuningsih, Izzudin, Izzudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5126/1/TRI%20KURNIA%20S..pdf http://repository.unib.ac.id/5126/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini yaitu, ”Apakah dengan menggunakan media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan”. Tujuan penelitian, untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media pohon pintar. Untuk mendapatkan hasil, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memilih subjek yaitu kelompok B2 TK Negeri Pembina Ketahun. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. data yang terkumpul diolah menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pohon pintar menunjukkan hasil yang memuaskan dengan nilai 86% anak mampu mengenal konsep bilangan 1-10. Pendidikan di TK haruslah disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang membutuhkan bermain. Maka di TK telah semestinya memberikan kesempatan sebanyak mungkin untuk anak bermain dan mengembangkan potensi dirinya. Skripsi ini dapat di rekomendasikan untuk sekolah dan guru.