UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI PERKALIAN KELAS IV DI SD NEGERI 04 KAUR TENGAH
Main Authors: | Marliah, Titi , Rohiat, Rohiat, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5122/1/SKRIPSI%20TITI%20MARLIAH%20PDF%20OK%201.pdf http://repository.unib.ac.id/5122/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas IV SD Negeri 04 Kaur Tengah dengan menggunakan media konkrit. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Kaur Tengah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor dan persentase ketuntasan balajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) siklus I Tes, dari hasil pengamatan pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata – rata 5,55 penilaian aktivitas siswa dengan skor > 60 hanya 30%. (2) siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa rata – rata menjadi 7,9 penilaian aktivitas siswa dengan skor > 60 hanya 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media konkrit dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 04 Kaur Tengah. Dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan media konkrit dapat meningkatkan penguasaan materi siswa.