PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK DAN BERMAIN HARTA KARUN DALAM PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK PADA TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU
Main Authors: | Kanawatienc, Silsilia, Mona , Ardina, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5115/1/SILSILIA%20KENCANAWATI%20%20REV.1-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5115/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan harta karun melalui metode struktural analisis sintetik pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 anak laki – laki dan 13 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, bagi guru, dan bagi orang tua. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, terdapat peningkatan pada kemampuan membaca permulaan anak dengan metode struktural analisis sintetik. Terbukti pada siklus I pertemuan pertama terdapat (34,4% ), anak mampu mengenal, memisahkan, merangkai, menyebutkan kata dan bermain huruf, kemudian dilanjutkan ke pertemuan kedua belum terjadi peningkatan, dilanjutkan pada siklus II pada pertemuan kedua terjadi peningkatan (53.6%), kemudian dilanjutkan kembali ke siklus III, namun pada pertemuan kedua meningkat menjadi (75,2%). Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka mengajarkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan harta karun melalui metode struktural analisis sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu.