Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas V Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

Main Authors: Samidah, Samidah, Santoso, Santoso, I Wayan , Dharmayana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5110/1/SAMIDAH.pdf
http://repository.unib.ac.id/5110/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada materi Daur Hidup Hewan Siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang?”. Bagaimana strategi penerapan model pembelajaran Talking Stick Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang? Bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick ?, penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Tahun Pelajaran 2011/2012. yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis diskriptif diketahui bahwa hasil belajar secara klasikal pra tindakan pra tindakan atau pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,5 dari 38 siswa. Hanya ada 2 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan persentase sebesar 2%. Dari hasil tes akhir siklus I diperoleh nilai ≥ 70 dari 38 siswa. Yang memperoleh nilai ≥ 70 ada 30 siswa dengan persentase 45%. Nilai rata-rata akhir siklus I mengalami peningkatan, dari nilai tes pratindakan dengan persentase peningkatan sebesar 57%. Nilai rata-rata akhir siklus II mengalami peningkatan dari nilai tes akhir siklus I dengan persentase peningkatan sebesar 45%. Peningkatan sebelum dilaksanakan tindakan, Setelah pelaksanaan Siklus I, dan Siklus II, di dapatkan dari 2 tahap tersebut maka menghasilkan nilai persentase yang sangat memuaskan yaitu sebesar 100%.